• September 22, 2023

Rencanakan Persalinan dengan Tepat, Kenali Metode ERACS yang Bantu Pemulihan Pasca Operasi Lebih Cepat

Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika bumil memutuskan untuk menggunakan metode persalinan yang satu ini. ERACS sendiri umumnya meliputi beberapa tahapan, antara lain:

1. Persiapan Sebelum Operasi

Sebelum menjalani operasi caesar, berbagai persiapan perlu dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan bumil. Mulai dari pemberian nutrisi yang tepat, kecukupan cairan, dan edukasi mengenai proses operasi yang akan dijalankan. Tidak lupa ada juga pemberian obat-obatan sebelum operasi.

2. Selama Operasi

Saat proses operasi berlangsung, dokter anestesi akan memberikan regimen obat dengan teknik penyuntikan anestesi yang optimal. Selain itu, ada juga pemberian obat untuk mencegah mual dan muntah selama operasi dan manajemen nyeri multi-modalitas yang mengelola rasa nyeri secara efektif sambil meminimalkan pemakaian obat nyeri golongan opioid. 

Sementara itu, Dokter Spesialis Kandungan akan melakukan teknik operasi yang optimal dan efektif sehingga operasi bisa berlangsung tidak terlalu lama. Pasien pun akan tetap nyaman selama operasi. Nggak hanya itu, Dokter Spesialis Kandungan juga akan melakukan Delayed Cord Clamping saat akan memotong tali pusat. 

Dokter Anak yang bertugas juga akan memberikan penilaian dan pertolongan pertama saat bayi lahir. Jika kondisi bayi dalam keadaan bugar, dokter anak akan menginisiasi untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). 

3. Setelah Operasi

Begitu operasi selesai, kondisi pasien akan melalui proses pemantauan dalam ruang pemulihan. Perawat yang ada akan membantu melakukan proses mobilisasi bertahap, memberikan cairan dan menganjurkan pasien mulai mengunyah permen untuk mengurangi keluhan mual dan muntah. 

Di ruang rawat, perawat akan melakukan edukasi perawatan setelah operasi, teknik manajemen nyeri dan memberikan dukungan selama proses pemulihan.

Metode ERACS diharapkan bisa mempercepat waktu pemulihan dan mempersingkat lama rawat di rumah sakit. Jadi, penting untuk mengetahui bahwa protokol ERACS sendiri bervariasi antara fasilitas kesehatan dan bisa terus berkembang karena ada lebih banyak penelitian yang dilakukan di bidang ini. 

Bagi yang sedang merencanakan persalinan dalam menyambut kehadiran buah hati, Rumah Sakit EMC Sentul siap membantu dengan dokter dan tenaga kesehatan yang profesional. Jadi, bisa membantu para ibu pulih lebih cepat setelah proses persalinan. 

Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang persalinan dengan metode ERACS, langsung saja kunjungi dr. Ruswantriani, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan di RS EMC Sentul untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *